Jumat, 03 Mei 2013

Ilmu yang didapat dari Blogging

Sudah berapa lamakah kalian nge-blog ? Dan apakah kalian ngeBlog hanya untuk sekedar hobi mengisi waktu luang atau memang ingin mendapatkan tujuan khusus dari blogging? Mungkin kini saatnya kita sebagai blogger harus melihat peluang-peluang yang didapatkan dari kegiatan blogging ini.
Bagi sebagai orang mungkin blogging adalah hal yang biasa, bahkan bagi orang awam blogging hanyalah sebuah aktivitas tulis menulis melalui internet. Namun, siapa sangka jika kebiasaan blogging kita ini nantinya akan mendapatkan manfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Saya sendiri mulai ngeblog sudah sekitar 4 tahun yang lalu, ketika masih SMA. Awalnya mengenal blog dari teman yang akan memulai bisnis PPC melalui blog. Dari situlah saya mulai penasaran dengan blog, dulu waktu SMA saya tidak memiliki komputer dan jika akan browsing harus ke warnet. Setelah pulang sekolah saya sering mampir ke warnet untuk browsing mencari informasi tentang blog.
Blog pertama saya adalah blog dari platform Wordpress.com, karena setelah browsing-browsing yang saya dapatkan adalah Wordpress.com karena lebih mudah penggunaannya (menurut saya).
Setelah itu saya mulai blogging, menulis ini itu (maklum baru belajar dan masa SMA jadi bloggingnya hanya menulis tak jelas). Sudah merasa enjoy dengan ngeblog tetapi saya merasa ada yang kurang. Dalam hati, saya ingin tulisan saya dibaca banyak orang tetapi waktu itu saya tidak tahu caranya. Dan akhirnya saya browsing lagi, mencari "cara agar blog banyak dibaca orang". Dari hasil pencarian muncul beberapa hasil diantaranya cara menaikkan pengunjung blog, cara menaikkan traffik blog, tips dan trik dll.
Setelah browsing tentang hal tersebut, akhirnya saya menemukan cara menaikkan pengunjung blog (Waktu itu belum sadar tentang istilah SEO). Langsung saja saya mencoba dan mempraktekannya di blog saya. Yang saya ingat adalah supaya blog dapat pengunjung banyak, adalah dengan memberikan optimasi pada artikel blog kita, seperti pemilihan judul artikel, keyword-keyword, penebalan keyword dll. Tanpa banyak berpikir pun saya langsung coba di blog saya. Dan akhirnya setelah saya mencoba, saya mendapatkan hasilnya, salah satu artikel yang saya targetkan telah menembus halaman 1 Google bahkan diurutan pertama. Dari situlah saya mulai mempelajari lagi cara-cara yang efektif.
Lalu berlanjut blogging dan akhirnya berkenalan dengan Blogspot.com dari blogspot ini pun saya mencoba untuk mencari peruntungan melalui PPC Blog dari KumpulBlogger waktu itu, dan alhamdulillah pernah Payout.
Berlanjut dan terus berlanjut, seakan blogging dan menjadi hobi aku, dan akhirnya mengenal istilah-istilah dalam blog seperti SEO, dll. Dan pengalaman blogging saya dari dulu sampai sekarang ternyata dunia blogging tidak berubah, yaitu write and publish , cuma itu saja. Tetapi untuk mendukung itu, kita akan mendapatkan ilmu baru yang tidak kita sadari sebelumnya.
Dari blogging, kita dapat memperoleh banyak manfaat, selain update informasi kita juga akan mendapatkan sebuah pelajaran berharga yang tidak semua orang dapatkan. Jika kita blogging secara konsisten dan menjadi blogging adalah sesuatu yang tidak hanya Write and Share saja maka kita akan mendapatkan beberapa ilmu sebagai berikut :
1. Ilmu Jurnalistik
Secara tidak kita sadari kita akan memperoleh ilmu jurnalistik, meskipun ilmu yang didapatkan tidak setinggi dengan orang yang kuliah di jurusan jurnalistik tetapi faktanya kita akan memiliki suatu ketrampilan khusus dalam tulis menulis. Hal ini akan kita dapatkan jika dalam blogging kita tidak "copy paste" dalam memposting artikel. Ketika kita mendapatkan informasi baru tentang suatu hal, maka kita akan segera mempublishnya di blog kita dengan bahasa kita sendiri, dan secara tidak sadar ilmu jurnalistik telah menggerayangi diri kita.
2. Ilmu Sosial Media
Jika kita blogging bukan hanya untuk mencari "uang" tetapi lebih didasarkan untuk share and learning, maka secara tidak sadar kita akan mendapatkan ilmu sosial atau lebih tepatnya berbagi informasi. Diluar sana, orang yang memberikan informasi (sebut saja wartawan) jika mendapatkan informasi pasti akan mendapatkan bayaran, tetapi kita sebagai blogger, mempublish informasi yang kita anggap penting untuk dipublikasikan, kita tidak dapat royalti dari siapapun, namun kita akan sangat senang dan bahagia jika informasi kita tersebut mendapatkan banyak pembaca, lebih-lebih komentar yang membangun.
3. Ilmu SEO
Jika anda blogging juga memperhatikan sisi SEO nya, pastinya sedikit-sedikit akan mengerti tentang SEO itu apa. Meskipun teknik atau trik SEO yang sebenarnya hanya diketahui oleh Google, tetapi paling tidak kita mengetahui bagaimana situs atau konten itu dapat di index oleh Google.
Dan masih banyak ilmu-ilmu yang dapat anda peroleh secara gratis dan tidak sadar dari aktivitas blogging anda. Tentunya dengan blogging anda akan mendapatkan wawasan yang lebih. Dan kabar baiknya, saat ini akan beberapa posisi pekerjaan yang mensyaratkan seseorang mahir dalam dunia blogging dan sosial media. Karena saya pernah menemui posisi pekerjaan sebagai Content Writer, SEO Manager, dan masih banyak lagi dan base nya dari sebuah blogging :). Dan untuk anda yang mau berwirausaha, melalui blogging nantinya akan mendapatkan ide-ide untuk berbisnis, coba deh, :) . Keep Blogging, Writing and Sharing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar