Jumat, 03 Mei 2013

Mencegah Timbulnya Jerawat Dengan Buah

Mencegah Timbulnya Jerawat Dengan Buah.

Banyak cara dalam menghilangkan dan mencegah jerawat. Salah satunya adalah mencegah jerawat dengan buah. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar dan kaya akan antioksidan hal ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat. Namun tidak semua buah dapat membantu mencegah jerawat.
Salah satu buah yang dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat adalah apel. Membuat masker dari apel untuk menghilangkan jerawat adalah dengan cara berikut :
  • 1/2 buah apel
  • 1/2 buah jeruk lemon yang diperas airnya
  • Beberapa tangkai seledri.
Cara membuat masker : blender apel dan beberapa tangkai seledri, lalu tambahkan perasan jeruk air lemon. Oleskan masker tersebut pada jerawat. Diamkan hingga mengering. Lalu bilas bersih. Selederi bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.
Perawatan untuk mengatasi bekas jerawat dapat dilakukan dengan cuka apel (apple cider vinegar) dapat digunakan untuk mengatasi jerawat lama. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda, sebelum mencobanya ke wajah, coba dulu sedikit pada bagian leher untuk mengetahui reaksi kulit anda. Jika kulit anda tidak menunjukkan reaksi alergi, lakukan perawatan dengan cara berikut, celupkan kapas ke dalam cuka apel (apple cider vinegar), lalu oleskan ke wajah. Hindari daerah sekitar mata. Diamkan selama 30 menit. Bilas bersih dengan air dingin.

Selain mencegah jerawat dengan buah apel, bawang putih juga bisa mengatasi jerawat yang sedang memerah. Bawang putih mengandung belerang, minyak atsiri, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Bawang putih selain berkhasiat untuk mengatasu jerawat secara alamiah. Karena bawang putih mengandung anti bakteri yang dapat mencegah peradangan serta mengandung allysulfide yang merupakan antiseptik alamiah untuk mempercepat penyembuhan, mengeringkan jerawat dan mengurangi timbulnya bekas jerawat pada kulit.
Tips perawatan kulit dengan bawang putih :
  • Untuk mengatasi jerawat yang sedang memerah. 
    Parut atau haluskan satu siung bawang putih dan campur dengan mamdu secukupnya. Sebelum berangkat tidur, oleskan dan diamkan beberapa menit pada daerah wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin hingga kulit bebas dari jerawat.
  • Perawatan untuk mempercepat keringnya jerawat.
    Caranya, kupas dan cucilah bawang putih, kemudian potonglah menjadi dua bahian. olesi jerawat dengan potongan bawang putih tersebut.

Mencegah Jerawat Timbul


Jerawat timbul karena pori-pori rambut menghalangi keluarnya sebum dari dalam kulit dan bakteri pun berkumpul di daerah itu, yang akhirnya menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit. Selain itu, faktor genetik juga memegang peranan.
Jerawat dapat dipicu oleh berbagai faktor, namun sebagian besar dokter kulit percaya jerawat terutama dipicu oleh mineral iodin dalam garam. Lemak yang berlebihan dalam makanan juga mempercepat proses terbentuknya jerawat.


Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam mencegah jerawat timbul adalah mengubah total pola makan Anda dan memperhatikan dengan seksama apa yang masuk ke mulut Anda sehari-hari. Lupakan makanan berlemak dan makanan atau minuman yang bersodium tinggi, seperti makanan cepat saji, makanan ringan kemasan, minuman ringan dan minuman bertenaga, makanan kalengan, dan makanan yang diawetkan. Selain dapat menyebabkan jerawat, makanan-mkanan tersebut dapat pula menyebabkan masalah yang lebih besar, seperti kanker, obesitas dan penyakit jantung koroner.
Langkah mencegah jerawat timbul selanjutnya adalah menghindari makanan yang manis-manis dan alkohol, yang dapat membuat jerawat lebih mudah timbul dan proses penyembuhan titik hitam lebih lama. Tingkat gula yang tinggi dalam darah akan memperlambat proses penyembuhan dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Sementara itu, alkohol selain tinggi kalori juga meningkatkan suhu tubuh yang mempercepat proses produksi sebum dan keratin dalam kulit.
Langkah berikutnya adalah mengganti pola makan dengan mendasarkannya pada sumber karbohidrat kompleks, buah-buahan segar, sayuran hijau, ikan dan beberapa jenis minyak sehat dalam jumlah cukup.
Langkah terakhir dalam mencegah jerawat timbul adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, apakah Anda alergi terhadap suatu jenis makanan atau lingkungan tertentu. Anda juga perlu memahami bahwa susu dan produk susu juga dapat memicu jerawat karena mengandung hormon testosteron dan dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh secara berlebihan.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat boleh dibilang semua orang mempunyai jerawat. Jerawat tidak saja terdapat dibagian muka saja tetapi turut menyerang di bagian bagian lain seperti kepala,bagian dada,bagian badan,dan bahkan di tempat tempat lain. Cara menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan cara alami. Kenali dulu penyebab dari jerawatnya setelah itu baru lakukan langkahnya.
Ada beberapa macam faktor mengapa jerawat mudah tumbuh antara lain :
1.Faktor Genetika
2.Adanya ketidakseimbangan hormon
3.Adanya produksi kelenjar minyak yang berlebih
4.Karena mengalami alergik terhadap suatu jenis makanan tertentu


Adapun selain itu cara menghilangkan jerawat dinataranya :
1.Membersihkan muka lalu kemudian cuci muka dengan menggunakan air kelapa tua. lalu diamkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air bersih. lakukan seminggu tiga kali.
2.Setelah wajah dibersihkan, tutup muka dengan kain yang sudah di rendam denagn air hangat selama kira-kira 5 menit. atau dengan menggunakan uap air panas dengan mendekatkan wajah pada uap tersebut. Anda dapat mengulangi cara ini, terakhir dengan menggunakan penyegar muka.
3.Sejukkan sedikit kanji nasi. oleskan pada jerawat dan biarkan hingga mengering. Kemudian cuci muka hingga bersih dengan air hangat.lakukan setiap hari hingga jerawat berkurang.
4.apabila jerawat tetap tidak menghilang, rebus beberapa helai daun teh warna hijau. Ketika hangat, letakan pada jerawat dan biarkan hingga mengering.
5.Tumbuk segenggam bunga melur dengan diberikan sedikit air hingga halus. kemudian oleskan ke wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu cuci dengan air kelapa muda.
6.Cuci muka dengan air bilasan beras. Setelah kering, cuci muka dengan air bersih. lakukan setiap saat
7.Rendam segenggam beras sampai mengembang. campurkan airnya lalu tumbuk beras ini bersama segenggam biji betik muda hingga halus. Campurkan dengan diberi sedikit air. Buat kecil-kecil dan jemur hingga mengering. Apabila hendak memakainya, hancurkan dengan air dan oleskan ke wajah.
8.Hancurkan beberapa helai daun pucuk jambu batu. Campurkan dengan besak sejuk. Oleskan di muka sebelum tidur. Lakukan setiap hari.

Cara menghilangkan bekas jerawat dapat dikatakan susah susah gampang, karena butuh kesabaran ekstra dalam melakukannya. Namun jika dibarengi dengan usaha terus akan ada hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar