Rabu, 17 Juli 2013

Tips Mencegah Anemia

Informasi by : http://www.tabloidnova.com/



Selasa, 16 April 2013
image
                                            Ilustrasi.

Anda dapat mencegah beberapa jenis anemia dengan melakukan diet sehat.Yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti dagingmerah tanpa lemak, hati, ikan, tahu, kacang lentil, sayuran berdaun hijau gelap, dan buah-buahan kering. 

Juga, makan makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat, seperti telur dan produk susu, bayam, serta pisang.Banyak roti, sereal, dan makanan lain yang diperkaya dengan ketiga nutrisi kuncidi atas (zat besi, vitamin B12, dan asam folat).

Untuk membantu proses penyerapan zat besi, konsumsilah nutrisi pendukung, seperti Vitamin C. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C. Beberapa di antaranya jeruk, buah-buahan, dan sayuran.Jika Anda ingin mencegah anemia yang disebabkan defisiensi besi, lakukanlahdiet seimbang yang mencakup sumber zat besi, vitamin B12, dan folat.Langkah yang harus diambil adalah sebagai berikut:

-          Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, berbicaralah dengan dokter atau ahli gizi tentang diet yang tepat dan suplemen yang dibutuhkan.

-          Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi jika Anda harus mengkonsumsivitamin C. Vitamin C membuat perut lebih asam dan dapat meningkatkanpenyerapan zat besi dalam diet Anda

-          Kurangi konsumsi produk berkafein, seperti kopi dan teh, karena zat ini dapat mengurangi penyerapan zat besi. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung kalsium dan serat tinggi, pengawet EDTA, sertaphytates yang dapat ditemukan di beberapa sayuran.

-          Pilih sereal dan roti yang diperkaya zat besi.

-          Hati-hati mengikuti petunjuk keselamatan jika pekerjaan Andamelibatkan bekerja dengan bahan timbal yang mengandung baterai, minyak bumi, dan cat.

-          Tanyakan kepada dokter atau otoritas kesehatan masyarakat setempattentang piring dan peralatan makan lainnya lulus uji timbal.

Ester Sondang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar